Kamis, 18 Januari 2018

MAKALAH MACAM-MACAM KARANGAN DAN TUJUANNYA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
            Sebagai bagian dari kegiatan berbahasa, menulis berkaitan erat dengan aktivitas berpikir. Keduanya saling melengkapi. Menurut Syafie’ie (1988), secara psikologis menulis memerlukan kerja otak, kesabaran pikiran, kehalusan perasan, kemauan yang keras. Menulis dan berpikir merupakan dua kegiatan yang dilakukan secara bersama dan berulang-ulang. Dengan kata lain, tulisan adalah wadah yang sekaligus merupakan hasil pemikiran. Melalui kegiatan menulis, penulis dapat mengkomunikasikan pikirannya. Melalui kegiatan berpikir, penulis dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis.
            Mengemukakan gagasan secara tertulis tidaklah mudah, di samping dituntut kemampuan berpikir yang memadai, juga dituntut berbagai aspek terkait lainnya, misalnya penguasaan materi tulisan, pengetahuan bahasa tulis, dan motivasi yang kuat. Untuk menghasilkan tulisan yang baik, setiap penulis hendaknya memiliki keterampilan dasar dalam menulis, yaitu keterampilan berbahasa dan keterampilan penyajian. Kedua keterampilan ini harus saling menunjang atau isi-mengisi. Kegagalan dalam salah satu komponen dapat mengakibatkan gangguan dalam menuangkan ide secara tertulis.
            Karangan adalah suatu karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Lima jenis karangan yang umum dijumpai dalam keseharian adalah narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
           
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian karangan ?
2.      Apa bentuk-bentuk karangan dan tujuannya ?

C.    Tujuan
1.      Untuk menjelaskan pengertian karangan.
2.      Untuk menjelaskan bentuk-bentuk karangan dan tujuannya.




BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Karangan
            Pada umumnya, karangan dipandang sebagai suatu perbuatan atau kegiatan komunikatif antara penulis dan pembaca berdasarkan teks yang telah dihasilkan (Ahmadi, 1988). Begitu juga istilah karangan (komposisi) yang dikemukakan Ahmadi (1990) bahwa karangan diartikan sebagai rangkaian kata-kata atau kalimat. Selain itu, karangan menurut Gie (1995) memiliki pengertian karangan adalah hasil perwujudan gagasan seseorang dalam bahasa tulis yang dapat dibaca dan dimengerti oleh pembaca.
            Widyamartaya (1990) mengatakan bahwa mengarang dapat dipahami sebagai keseluruhan rangkaian kegiatan seseorang dalam mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami dengan tepat seperti yang dimaksud oleh pengarang.
                Menurut Keraf (1994) pengertian karangan adalah bahasa tulis yang merupakan rangkaian kata demi kata sehingga menjadi sebuah kalimat, paragraf, dan akhirnya menjadi sebuah wacana yang dibaca dan dipahami.
            Berdasarkan pengertian karangan di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan karangan adalah hasil rangkaian kegiatan seseorang dalam mengungkapkan gagasan atau buah pikirannya melalui bahasa tulis yang dapat dibaca dan dimengerti oleh orang lain yang membacanya.

2.      Bentuk-Bentuk Karangan dan Tujuannya.
1)      Karangan Deskripsi
            Karangan deskripsi adalah suatu bentuk karya tulis yang menggambarkan atau melukiskan suatu objek atau benda kepada para pembaca seolah-olah pembaca merasakan, melihat atau mengalami sendiri topik di dalam tulisan.
Ciri-ciri karangan deskripsi:
a.       Melukiskan suatu objek dengan sejelas-jelasnya kepada para pembaca.
b.      Melibatkan observasi panca indera.
c.       Metode penulisan menggunakan cara objektif, subjektif, atau kesan pribadi penulis terhadap suatu objek.
Tujuan karangan deskripsi:
Agar orang yang membacanya dapat seolah olah melihat sendiri benda yang diceritakan tersebut. Dalam paragraf deskripsi itu sendiri memakai pola yang subjektif namun hal ini jika si penulis paragraf tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut.  


2)      Karangan Narasi
            Karangan narasi adalah suatu bentuk karya tulis yang berupa serangkaian peristiwa baik fiksi maupun non fiksi yang disampaikan sesuai dengan urutan waktu yang sistematis dan logis. Pada karangan narasi terdapat tahapan-tahapan peristiwa yang jelas, dimulai dari perkenalan, timbul masalah, konflik, penyelesaian dan ending.
Ciri-ciri karangan narasi
a.       Menyajikan suatu cerita yang berupa berita, peristiwa, pengalaman yang menarik kepada pembaca.
b.      Cerita-cerita tersebut disajikan dengan urutan kronologis yang jelas.
c.       Ada konflik dan tokoh yang menjadi inti dari sebuah karangan.
d.      Memiliki setting yang disampaikan dengan jelas.
e.       Betujuan untuk menghibur pembaca dengan cerita-cerita yang disampaikan.

Tujuan karangan narasi:
a.      Memberikan informasi untuk menambah pengetahuan
b.     Memberikan wawasan kepada pembaca
c.      Memberikan hiburan
d.     Memberikan pengalaman estetis kepada pembaca

3)      Karangan Eksposisi
            Karangan eksposisi adalah sebuah karangan yang berisi tentang penjelasan-penjelasan atau pemaparan mengenai suatu informasi kepada pembaca.
Ciri-ciri karangan eksposisi
a.       Menyajikan atau menyampaikan sebuah informasi kepada pembacanya.
b.      Informasi yang disajikan bersifat fakta atu benar-benar terjadi.
c.       Tidak berusaha mempengaruhi pemabaca
d.      Menjelaskan sebuah proses atau analisa suatu topik.

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan sebuah informasi kepada pembaca sejelas-jelasnya. Sehingga pembaca mendapatkan informasi dan pengetahuan secara rinci terhadap sebuah kejadian.

4)      Karangan Argumentasi
            Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi pendapat atau argumen penulis tentang suatu hal. Karangan ini bertujuan untuk meyakinkan penulis agar memiliki pandangan yang sama akan suatu hal dengan pandangan penulis.

Ciri-ciri karangan argumentasi
a.       Terdapat pendapat-pendapat penulis mengenai suatu topik yang sedang di bahas.
b.      Pendapat-pendapat tersebut di lengkapi dengan pembuktian-pembuktian yang berupa fakta, data, contoh, maupun grafik.
c.       Bertujuan untuk menyakinkan pembaca.
d.      Pengarang menghindari keterlibatan emosi dalam menyampaikan pendapatnya.

Tujuan Paragraf argumentasi adalah untuk membuat pembaca yakin atau terpengaruh agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.


5)      Karangan Persuasi
            Karangan persuasi adalah salah satu bentuk karya tulis yang berisi ajakan-ajakan kepada para pembacanya untuk melakukan atau mempercayai suatu hal. Sama halnya dengan karangan argumentasi, karangan persuasi juga dilengkapi dengan pendapat-pendapat penulis yang disertai dengan pembuktian agar pembaca yakin dan mau mengikuti apa yang disampaikan oleh penulis. Karena sifatnya yang berupa ajakan.

Ciri-ciri karangan persuasi
a.       Karangan ini bersifat mengajak para pembacanya.
b.      Biasanya banyak ditemukan kata-kata yang bersifat mengajak seperti “ayo”, “mari”, dan “lakukanlah”.
c.       Memiliki alasan-alasan yang kuat berupa data, fakta, dan lain-lain untuk meyakinkan pembaca.
d.      Karangan ini berusaha menghindari konflik agar pembaca tidak kehilangan kepercayaan.
e.       Karangan ini berusaha mendapatkan kesepakatan atau kepercayaaan antara penulis dan pembaca.

Adapun tujuan dari paragraf persuasi adalah untuk membujuk atau mempengaruhi atau meyakinkan pembacanya agar mempercayai dan melakukan apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf.
                        Untuk mencapai tujuan ini, paragraf persuasi harus disertai dengan bukti dan data-data pendukung yang kuat.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
            Karangan adalah hasil rangkaian kegiatan seseorang dalam mengungkapkan gagasan atau buah pikirannya melalui bahasa tulis yang dapat dibaca dan dimengerti oleh orang lain yang membacanya.
            Lima bentuk karangan yang umum dijumpai dalam keseharian adalah deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

B.     Saran
            Adapun saran kami dengan pembuatan makalah ini yaitu agar orang yang membacanya dapat mengerti dengan materi yang ada tentang bentuk-bentuk karangan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya. Disamping itu pula bagi yang suka membuat karangan dapat mengetahui jenis-jenis karangan yang akan dibuat melalui materi yang ada pada makalah ini.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar